31.5.14

Top 7 Reasons Why Should I Visit England (it's all about England)

Kalau diperhatikan, industri entertainment Indonesia sedang dipengaruhi oleh budaya Korea Selatan saat ini. Dari begitu banyak fans Indonesia menyukai K-Pop dengan para boyband dan girlbandnya, drama korea dengan para aktor-aktris yang cantik-tampan dan mengharukan, hingga gaya berpakaian ala cewek boneka dan cowok manis sedang marak di Indonesia. Namun di tengah begitu kuatnya terpaan arus budaya dari negara ginseng tersebut, nggak ada yang bisa mengalahkan betapa kerennya Inggris beserta seluruh komponen didalamnya di mata dan hati saya. Kenapa?


Mau tahu alasannya, bro? Di posting-an kali ini, saya akan membahas beberapa hal yang membuat Inggris begitu memukau bagi saya-even when there's a huge wave from another country in terms of culture and entertainment, hingga saya ingin sekali mengunjungi Inggris dan pergi ke Inggris masuk ke dalam salah satu tujuan hidup saya. Berikut ini adalah daftar 7 alasan kenapa Inggris begitu keren hingga harus dikunjungi (oleh saya):

Top 7 Reasons

7) The British Accent

Siapa yang nggak tahu kalau bahasa Inggris (British) memiliki aksen yang berbeda dengan bahasa Inggris-nya Amerika? Dan aksen British itu, well I admit it, super seksi. Seperti tokoh Harry Potter yang diperankan oleh Daniel Radcliffe serta Chuck Bass yang diperankan Ed Westwick dari TV Series Gossip Girl. Pesona dari pria-pria Inggris bukan hanya dari ketampanan mereka saja, tapi juga aksen British yang memukau juga tutur bahasa yang sopan.

Bahasa Inggris-nya Inggris berbeda dari bahasa Inggrisnya Amerika, selain dari aksen juga dari cara pengucapan dan kosa kata. Bahasa Inggris lebih baku dibandingkan dengan bahasa Inggris-nya Amerika. Karena hal inilah, akan lebih baik untuk mengerti dan belajar pengucapan bahasa Inggris langsung di Inggris. Yah, selain latihannya sama cowok ganteng Inggris dengan aksen British seksinya, juga muka tampannya plus ada bekas cukuran jenggot gitu. Pasti lebih lancar bahasa Inggrisnya! Seperti di video berikut ini, Joseph Morgan ngajarin kita gimana caranya ngomong dalam aksen British.


6) Royal Family

Royal Family of England - Photo Wedding of Dutch and Duchess of Cambridge
Semua gadis di dunia (sorry I am being generalize it) pasti pernah bermimpi, suatu saat akan tiba waktunya datang pangeran tampan dari negeri seberang dengan kuda putihnya datang menjemput kita dan bilang bahwa kita adalah putri yang selama ini dicarinya!!! well, it must be the effect of too much watching disney princess movies but anyway... pangeran seperti itu memang beneran ada! Dan salah satu yang paling terkenal adalah Kerajaan Inggris dan para pangeran tampannya yaitu Pangeran Harry dan William (sayang, Harry sudah menemukan tambatan hatinya).

Walaupun merupakan negara republik, Inggris masih memiliki kerajaan lengkap beserta ratu, raja, dan para pangeran di dalamnya. Keluarga kerajaan Inggris tidak menjalankan pemerintahan seperti layaknya dahulu, namun kini lebih mengemban misi seperti tentang kebudayaan dan sosial negaranya. Dapat melihat langsung megahnya Buckingham Palace, kalau beruntung bisa bertemu dengan Dutch and Duchess of Cambridge, adalah salah satu hal yang nggak bisa dipisahkan dari Inggris. Mana tahu, mana tahu ya, pas saya jalan-jalan di sekitar istana nggak sengaja ketemu Pangeran William dan maybe he will think I am the one. Yah, walaupun 99,9% hanya bisa mimpi.

5) The History

Inggris kaya dengan sejarah! Inggris sudah ada selama berabad-abad lamanya, dengan begitu banyak sejarah terukir dan terlihat dari peninggalan leluhurnya. Seperti istana kerajaan, gereja dan katedral tua, serta karya seni otentik ternama. Misal di Indonesia, Inggris sudah menjadi kerajaan yang modern pada tahun 1811 saat menjajah kita, dengan peninggalannya yaitu bunga bangkai (Rafflesia Arnoldi). Saking sudah lamanya, beberapa sejarah tokoh Inggris menjadi legenda dan cerita rakyat yang terkenal di seluruh dunia seperti King Arthur, Robin Hood, dan Jack The Ripper. Tidak lupa juga legenda adanya naga dan para peri, yang terbentuk awal dari bumi Inggris.

Wentminster Abbey Interior
Ngomong-ngomong dengan sejarah, nggak lengkap namanya kalau tidak mengunjungi bangunan peninggalan sejaran dan museum di Inggris. Wentminster Abbey, salah satu tempat paling harus-kudu dikunjungi para turis dan saya, karena dari gereja tua tersebut kita bisa belajar sejarah Inggris dan kaitannya dengan agama kristen. Kita juga bisa lihat bagaimana pada zaman itu, masyarakat Inggris sudah jauh lebih maju di bidang arsitektur dan kesenian sehingga dapat menghasilkan maha karya sebegitu indah. Selain itu Big Ben dari Elizabeth Tower! icon kota London ini nggak boleh dilupakan, begitu banyak sejarah terjadi di sekitar lokasi jam besar ini. Di Indonesia sendiri, kita punya Jam Gadang yang mirip dengan Big Ben (walaupun nggak ada hubungannya). Untuk museum, di Inggris kita bisa belajar banyak sejarah dan peninggalan Inggris dengan mengunjungi National Arts Museum, British Museum dan Tate Modern Art Gallery serta Science Museum secara gratis! Datang ke museum di Inggris pasti sensasinya berbeda dengan museum-museum di Indonesia karena kebanyakan museum di Inggris di rawat dan menggunakan fasilitas canggih sehingga bikin pengunjung menikmati pembelajaran dari museum in a fun way. Pasti nggak boleh dilewatkan kesempatan bisa mengunjungi museum hi-tech di negara maju, bukan?

4) The City

Kalau berbicara tentang Inggris, pasti nggak bisa lupa dengan London, sang ibu kota. Ada begitu banyak hal menarik yang bisa ditelusuri di London. Doubledecker dan The Telephone Box yang terkenal tersebut dapat ditemukan dibeberapa sudut ibu kota, juga Abbey Road yang terkenal. Kalau buat saya, London itu lokasinya salah satu universitas bergengsi dan pelopor ekonom hebat yaitu London School of Economics (LSE). Juga merupakan salah satu contoh kota besar yang bisa menyeimbangkan unsur modern dengan budaya secara apik, kita bisa lihat Big Ben, istana, dan museum di jaga baik oleh masyarakat dan pemerintah. Selain itu, bisa ditemui begitu banyak jumlah taman-taman kota tersebar di London yang membuat kota begitu rimbun dan menjadi tempat berkumpul dan bersosialisasi.

London School of Economics Plaque
Piknik di taman, ditemani british guy lulusan LSE, terus naik double decker keliling kota seru kali ya. Bukan seru lagi... indah banget pasti.

3) The Music

Coba bayangkan, british accent itu dipadukan dengan alunan nada menyentuh hati dari pria Inggris yang punya bekas cukuran gitu: HOW COULD BE THEY ARE EXIST?. Inggris yang saya tahu adalah salah satu negara yang menghasilkan begitu banyak musisi dan seniman papan atas.

MUSE
Saya penggemar berat band-band Inggris! Ya, karena pengaruh aksen dan kosa kata yang menarik membuat mereka begitu berbeda. Salah satu yang paling saya idolakan adalah Muse. Terus juga Keane, Arctic Monkeys, Radiohead, Coldplay, Oasis, The Cure, The Beatles, Queen, Led Zeppelin, etc! Lirik-lirik mereka begitu indah dengan alunan melodi yang bikin terhanyut. Beberapa seperti Muse dan Coldplay nggak sembarangan menuliskan lirik, kadang mereka memasukkan ajakan serta isu tentang apa yang terjadi di dunia.

Musik klasik. Orkestra. Inggris merupakan salah satu negara awal mula berkembangnya musik klasik di dunia. Menyempatkan diri berkunjung ke salah satu opera dan teater di Inggris, seperti Shakespeare's Globe theater atau menonton pertunjukan orkestra dari London Philharmonic Orchestra pasti lengkap banget. Jalan-jalan menikmati indahnya kota London sambil mendengarkan lagu-lagu dari Muse dan Keane.... it is what you called peace :')

2) The Food
Jalan-jalan ke suatu negara, nggak boleh lupa untuk mencicipi makanan khas dan mengadakan acara kuliner sendiri! Ada banyak makanan khas seperti bagel, bakewell tart, kedgeree, yorkshire pudding, custard tart, dan haggis yang harus masuk ke dalam item list makanan yang harus di coba saat di Inggris. Contohnya Haggis, adalah makanan yang hanya bisa ditemukan di Inggris, merupakan makanan cacahan daging domba dan rempah, beserta sayuran yang dimasukkan ke lapisan perut domba, lalu di panggang. Makanan ini disajikan untuk merayakan hari-hari penting dan dimakan bersama-sama dengan keluarga. Katanya sih, rasanya enak banget. Jadi pengen coba walaupun penampilannya menyeramkan.

Haggis
Belum lagi begitu banyak food stall menjajakan berbagai macam varian camilan. Dan jangan lupa, jam 3 siang waktunya tea time! Cari kafe terdekat untuk mencoba kue dengan england tea, terus ngobrol sama cowok Inggris lulusan LSE (masih dibahas). Sepertinya kalau saya menetap di Inggris, berat badan akan naik.

1) The Football

CHELSEA, CHELSEA, MANCHESTER UNITED, LIVERPOOL, MANCHESTER CITY, ARSENAL, TOTTENHAM! Negara ini dipenuhi pria-pria inggris beraksen yang berbakat dan bertalenta!!

Nama-nama di atas, bukan tempat perkumpulan cowok-cowok inggris tampan biasa. Nama-nama (yang hampir seluruh dunia kenal dan tahu) adalah klub sepakbola asal Inggris! Ke Inggris, nggak afdol banget kalau nggak mengunjungi stadium masing-masing klub papan atas tersebut. Contohnya, Stamford Bridge. Stadium maha karya tempat the blues, Jose Mourinho dan para suporternya bernaung. Atau ke Old Trafford, foto-foto dan teriak di stadium. Kalau pas momennya, kita bisa nonton pertandingan klub kesayangan pas berkunjung di Inggris. Buat saya, bisa datang ke Inggris bertepatan dengan match Chelsea lawan Liverpool di Stamford Bridge itu udah lengkap harapan hidup. Selengkap itu. Apalagi kalau Chelsea yang menang. Momen bisa dukung tim kesayangan bareng-bareng suporter lainnya di stadium tim kesayangan..... maka nikmat mana yang kau lupakan?

Kebayang suara gegap gempita sorakan stadion :')
Well, 7 hal di atas saya tuliskan dengan luapan emosi kesenangan dan harapan. Menulisnya butuh perjuangan karena saya harus berkali-kali menahan diri untuk tidak berlebihan dalam menulis dan memasukkan begitu banyak foto ke dalam tulisan. 7 hal di atas adalah kumpulan hal yang saya sukai dari Inggris dan membuat Inggris menjadi salah satu negara impian untuk dikunjungi, dalam hidup saya. Selain di kunjungi, saya juga berencana untuk dapat menuntut ilmu di Inggris, belajar disana, dan kembali ke Indonesia untuk kembali mengabdi. Jadi, kalau disimpulkan dari 7 hal di atas, kenapa saya harus ke Inggris adalah ada cowok beraksen british lulusan LSE penggemar Chelsea, yang mungkin dari keluarga kerajaan, ingin mengajak saya berkeliling dan menikmati kota diiringi alunan lagu klasik dan band era 90's. Itu kenapa saya harus ke Inggris. There's someone waiting for me, in London.

lol.

Nah, biar mimpi ke Inggris bisa terwujud, ada cara gampang! Tinggal makan dan selfie bareng misterpotato yang enak banget kayak saya bisa bikin kalian (dan saya) jalan-jalan ke Inggris gratis plus jalannya sama kokoh Alex ganteng. Semoga keseruan makan mister potato bisa berujung dengan jalan-jalan ke #InggrisGratis amin!

Keseruan makan Mister Potato semoga bisa berujung #InggrisGratis amin!

0 s'inscrire: