12.1.11

Regol UI

Kemaren sore tepat pukul 17.00 WIB adalah hari yang sangat lebay dalam hidup perkuliahan gue selama jadi mahasiswa. Lebay karena pada saat itu anak-anak FEUI yang jumlahnya banyak sekali masuk ke dalam satu situs secara bersamaan, mengakses situs tersebut secara bersama-sama untuk memperebutkan kelas-kelas ideal yang mereka harapkan, yang akan mendapatkan dosen yang baik nilai dan enak mengajar di posisi pertama atau Top Ten. Lebay to the max, saudara-saudara!

Nggak tahu deh yang lebay anak FE doang, atau anak-anak twitter  yang gue follow doang atau bagaimana, yang jelas beneran menguras tenaga. Banyak dari mereka sebelum regol sudah bermusyawarah H-3 mendiskusikan kelas mana, mau dosen mana yang akan di pilih. Jauh-jauh pergi dari rumah menuju tempat yang bisa berkoneksi dewa untuk menjadi Top Ten masuk situs, kalau yang nggak pake koneksi internet dewa niscaya, masuk ke situs tersebut langsung di sambut kata-kata: Internet Server Error bahkan lo bisa aja nggak beranjak ke situs tersebut sama sekali. Kalau udah begitu, dengan koneksi lemot lo yang akhirnya bisa membawa lo masuk ke home dan sukses masuk bagian add IRS, sudah dapat dipastikan kelas-kelas favorit dan kelas pagi akan penuh semua! menyeramkan! hanya tiga menit, semua langsung penuh. Padahal untuk berdiskusi mau pilih kelas yang mana butuh tiga hari tiga malam. Paling sedih dan tragis kalau udah diskusi panjang lebar, mau masuk SIAK-NG (situs tersebut) malah pakai error , kan gagal total semua tuh.

H- beberapa jam sebelum jam pembukaan regol (pilih kelas) biasanya anak-anak udah siap dan stand by di depan laptop dan komputer masing-masing. Keadaan memanas, tegang, dan semacamnya. Beberapa menit sebelum regol biasanya udah pada sibuk tekan F5 setiap 5 detik. Lebay deh intinya. Pada bunuh-bunuhan, perang-perangan, siapa cepat dia yang dapat. Semua memegang asas "demi kehidupan semester yang bahagia" membuat semuanya menghalalkan berbagai cara agar bisa aman dalam 5 menit saja. Sungguh anak-anak FE yang haus nilai.

oke, yang di atas keadaan sebenarnya dalam regol di FE UI. yang di mana gue juga kaget setengah mati soalnya semester kemaren diregolin sama kakak mentor, jadi gue selalu sekelas sama temen-temen OPK gue. Jadi enak, nggak ngerasain bunuh-bunuhan. Terus, semester dua ini baru di lepas sama mereka dan gue kaget ternyata begini toh keadaannya. Mau nggak mau gue harus siap, dan coba bertarung dengan yang lain. Ada yang menyikapi dengan santai, ada juga yang bikin persiapan biar nggak kalah dari yang lain. Kembali ke pribadi masing-masing dalam menyikapi regol ini. Kalau gue sih, gue milih untuk regol pada saat regol di buka. Ambil kelas yang bisa sekelas sama temen aja udah seneng. untuk masalah dosen itu kebaikan dari yang di Atas, semoga Allah memberikan yang terbaik buat semester ini.

Ada juga teman-teman gue, yang baru regol saat malam harinya. Santai banget, tapi harusnya regol yang di shuffle kayak begini sewajarnya disikapi dengan santai, nggak kayak penjelasan gue yang lebay di atas (padahal itulah kenyataannya).

Buat mahasiswa-mahasiswa baru yang akan menghadapi regol kalian yang pertama kali, ada beberapa saran gue buat kalian:
  • Internetnya jangan yang lemot, itu saran utama. Kalau nggak ada, bisa ke warnet terdekat atau ke kampus pakai wifi kampus kita yang super cepat
  • Jangan lupa kerja sama dengan teman-teman, biar bisa sekelas. Tentuin mau pilih kelas huruf apa, biar ada temennya, juga biar belajar nanti lebih semangat (kan ada temen)
  • Klik pilihan kelas terus save. Klik kelas terus save. dan seterusnya. Biar posisi kalian safe!
  • Kalau kata temen gue yang lebay: latihan klik kelas dulu. Bolehlah di coba.
  • Jangan tegang, santai aja.
  • Komunikasi dengan teman, udah sekelas semua belum. Jangan ninggalin teman. Kalau ada yang nggak sekelas, coba sms biar pilih kelas yang masih kosong biar bisa sekelas
  • Siapin jadwal jauh-jauh hari, tentuin mau pilih kelas yang mana dengan siapin juga kelas cadangannya. Jadi nggak usah repot dan bingung lagi kalau kelas pilihan pertama penuh atau ada temen kita yang nggak bisa sekelas
  • Kalau mencar-mencar juga, santai aja. Nanti juga ketemu teman baru di kelas baru.
Gitu aja tips dari gue, berdasarkan pengalaman kemaren malam yang menakjubkan. Adios!

0 s'inscrire: