24.3.10

Ujian Nasional 2010



Hal ter-nggak penting dan ter-rese yang dibuat pemerintah Indonesia, apalagi menteri pendidikan. Iya, dari awal keputusan mereka memajukan tanggal ujian nasional ini yang bikin SEMUA rencana hidup gue ancur!
Kenapa tanggal ujian uan harus dempetan dengan simak dan utul? menteri-menteri yang diatas sana nggak mengerti bagaimana capeknya otak siswa-siswi yang ngejalaninnya?
Kalau mereka nggak mau ngerti, jangan salahin kasus BOCORAN. Kalau gue sih, jujur nggak ngerti yang namanya bocoran-bocoran gitu. Tapi sebagai pihak yang dirugikan, atau bisa dibilang murid yang lagi kepepet belajar buat ujian universitas yang taraf susahnya lebih susah daripada uan, bocoran merupakan oasis dan penyejuk anak-anak.
Toh, nilai uan nggak penting ini buat masuk universitas. Begini pikir kami, para murid. Masih mending yang ikut ujian universitasnya nyambung sama uannya. Lah, kalau kayak anak yang mau masuk ITB, atau mau pindah jurusan.. bagaimana nasib mereka kan?
Jadi, kalau mau salah-salahin biang keladinya, salahin aja sistem pendidikan Indonesia yang siper bobrok ini.
Jangan majuin wajib belajar aja, majuin lagi dong kualitasnya, cara belajarnya, sistem sekolahannya, kualitas dan mutu pengajarya, perhatiin cara mengajarnya.
Gue yakin, Indonesia bakalan maju kalau begitu caranya. Benih yang bagus, akan menumbuhkan tanaman yang bagus juga. Hasilnya emang lama, butuh proses.. tapi pasti akan keliatan.

Jadi pak menteri, bagaimana nih?

0 s'inscrire: