24.3.10

Psikologiriaa

Di detik ini, pas lo lagi baca blog gue, mungkin yang ada di pikiran lo yaa yang ada di depan mata lo.
komputer, dengan tampilan blog gue.
Pernah bayangin nggak, kalau di detik itu juga, milyaran kejadian berbeda terjadi di dunia ini. Nggak usah luas-luas, di satu negara, satu kota, bahkan satu rumah setiap detik, setiap kejadian juga yang dilakukan setiap manusia.

Mungkin ada orang yang lagi bersedih di detik itu, atau ada yang lagi ngerencanain jalan-jalan, lagi pesta, lagi kesusahan, atau kelaparan, lagi pusing cari duit, lagi tidur, lagi main, lagi pacaran.. banyak deh.

Tapi biasanya, di otak kita cuma kesusahan kita sendiri. Misalnya gue yang lagi sibuk buat UN Fisika besok. Gue lagi pusing mikirin rumus relativitas quantum, sibuk mikirin bagaimana ngatur wakutu yang dua hari lagi gue bakal ngadepin utul, menganggap semua itu udah sebuah bencana teramat besar. Dan gue, contohnya, nggak memikirkan bahwa di luar sana, masih banyak perjuangan yang diperjuangkan orang-orang lain, yang mungkin lebih berat dari gue hadapi, lebih bikin sakit hati daripada yang gue alami, tapi mereka lebih bersyukur daripada gue yang jarang banget menyadari betapa beruntungnya gue, udah sampai di tahap ini.

Dengan mengingat ini, dengan nggak negliat kesenangan orang aja terus kita sirik, dan mikir "kok mereka enak yaa.." lebih baik kita introspeksi diri, jadi manusia yang nggak kalah saing dari robot sekalipun. manusia yang bisa pakai otak seperti otak einstein, manusia yang tidur hanya tiga jam sekalipun, mengejar kesuksesan, buat gue, masuk universitas negeri, merupakan langkah awal.

Jangan takut dulu, buat teman-teman seperjuangan. Takdir itu tuhan yang buat, bisa aja dengan sentuhan kecil-Nya, yang tadinya im- bisa jadi non im- :)

H-2 UM UGM.. Wish me luck, frieend
Mohon doanyaaa

0 s'inscrire: