28.1.11

Rifle Green

It tears me apart
The thought of you
I want to see you smile
At me

But you're too far
I can't reach
So I have to make
With what is here

It feels like you're summer
Though I should know it isn't true
Seems I have to get by
Till I forget about you

He hears me, He knows
He knows of the nights, the thoughts
He knows what your wry face means
He knows what it means to me

Still my heart hinges on hope
That you're mine
Though I know it isn't true
It can't be

So I will wait
Till time proves
That it is true
That you aren't mine
Gue nggak ngerti sama diri gue sendiri. Sama sekali nggak ngerti.
Makin lama gue makin merasa kalau gue selama ini 'kosong'. Gue tertawa tapi hati gue nggak tertawa. Gue nangis tapi terkadang gue nggak tahu kalau gue nangis untuk apa dan buat siapa. dan, gue selalu ingin merasa di sayang teman-teman, sahabat, dan keluarga tapi gue nggak pernah bener-bener sayang.. karena gue 'kosong'.

selama ini gue hanya terisi ambisi, impian, nafsu, dan dendam. nggak lebih dari itu.
terkadang gue mau terlahir kembali, mengulang dahulu kala yang dulunya buruk di hidup gue, biar gue yang 'kosong' nggak akan ada.

Ya Allah, cuma engkau yang tahu, gue siapa. tapi kapan gue bisa sadar akan siapa gue ini?

#galau. so sorry

22.1.11

Mayday mayday!


see that? how busy i am for next six months will be. and I can't wait for it (huh?)
I'm human so I really getting bored super fast than anyone could be, I bored with my stuff, my activity in this holiday, my food, my laptop, my new gadget, and the internet! as expected, I reach the limit and sorry to say but I rigidly want my college life back, my boarding house again, my freedom, and my loneliness..

Several days again, and I can't wait!

20.1.11

Libur

Setelah hiatus panjang selama liburan dari menulis di blog tercinta bukan berarti liburan ini gue nggak di rumah terus, jalan jalan tiap hari, atau bahkan ke luar negeri. Nggak kok, nggak. Hampir sebagian besar waktu liburan yang gue punya, gue habiskan dengan berkutat di rumah, duduk di depan laptop, dan memutar dvd yang banyak di simpan di dalam hardisk. Selain itu, gue sibuk buka SIAK-NG ngurusin regol yang sampai sekarang belum tuntas juga kabarnya gimana.

Liburan kali ini emang gue rencanain untuk bertemu semua sahabat sma gue dan sahabat smp gue, menghabiskan banyak waktu dan perhatian penuh ke adik kecil gue, mendekatkan tali persaudaraan dengan adik kecil gue, bantu-bantu nyokap selagi di rumah biar nyokap seneng, belanja sama bokap biar hubungan gue sama dia membaik dan dateng ke kondangan serta acara keluarga yang selama enam bulan yang lalu udah jarang gue datengin karena kesibukan gue yang teramat padat.


Makan puas-puasin, melupakan acara diet mendiet serta olahraga sementara waktu mumpung di rumah, belanja sempuasnya mumpung pake duit orangtua, tidur malam bangun siang sepuasnya, semua itu gue lakukan atas dasar balas dendam karena semua hal di atas nggak bisa gue lakukan pas udah mulai ngampus.

Tinggal tersisa satu minggu lagi, liburan semester satu gue. Semoga gue bisa karaokean, ice skatingan, dan ketemu sama Dira dan Dinike yang susah banget ketemunya. Amin

ps: besok gue ada campus expo di sekolah. doain lancar yaa dan semoga mereka semua mau mencoba masuk UI atau presentasi kami bisa menambah pilihan mereka dan wawasan mereka tentang UI. Ayo masuk UI!

12.1.11

Regol UI

Kemaren sore tepat pukul 17.00 WIB adalah hari yang sangat lebay dalam hidup perkuliahan gue selama jadi mahasiswa. Lebay karena pada saat itu anak-anak FEUI yang jumlahnya banyak sekali masuk ke dalam satu situs secara bersamaan, mengakses situs tersebut secara bersama-sama untuk memperebutkan kelas-kelas ideal yang mereka harapkan, yang akan mendapatkan dosen yang baik nilai dan enak mengajar di posisi pertama atau Top Ten. Lebay to the max, saudara-saudara!

Nggak tahu deh yang lebay anak FE doang, atau anak-anak twitter  yang gue follow doang atau bagaimana, yang jelas beneran menguras tenaga. Banyak dari mereka sebelum regol sudah bermusyawarah H-3 mendiskusikan kelas mana, mau dosen mana yang akan di pilih. Jauh-jauh pergi dari rumah menuju tempat yang bisa berkoneksi dewa untuk menjadi Top Ten masuk situs, kalau yang nggak pake koneksi internet dewa niscaya, masuk ke situs tersebut langsung di sambut kata-kata: Internet Server Error bahkan lo bisa aja nggak beranjak ke situs tersebut sama sekali. Kalau udah begitu, dengan koneksi lemot lo yang akhirnya bisa membawa lo masuk ke home dan sukses masuk bagian add IRS, sudah dapat dipastikan kelas-kelas favorit dan kelas pagi akan penuh semua! menyeramkan! hanya tiga menit, semua langsung penuh. Padahal untuk berdiskusi mau pilih kelas yang mana butuh tiga hari tiga malam. Paling sedih dan tragis kalau udah diskusi panjang lebar, mau masuk SIAK-NG (situs tersebut) malah pakai error , kan gagal total semua tuh.

H- beberapa jam sebelum jam pembukaan regol (pilih kelas) biasanya anak-anak udah siap dan stand by di depan laptop dan komputer masing-masing. Keadaan memanas, tegang, dan semacamnya. Beberapa menit sebelum regol biasanya udah pada sibuk tekan F5 setiap 5 detik. Lebay deh intinya. Pada bunuh-bunuhan, perang-perangan, siapa cepat dia yang dapat. Semua memegang asas "demi kehidupan semester yang bahagia" membuat semuanya menghalalkan berbagai cara agar bisa aman dalam 5 menit saja. Sungguh anak-anak FE yang haus nilai.

oke, yang di atas keadaan sebenarnya dalam regol di FE UI. yang di mana gue juga kaget setengah mati soalnya semester kemaren diregolin sama kakak mentor, jadi gue selalu sekelas sama temen-temen OPK gue. Jadi enak, nggak ngerasain bunuh-bunuhan. Terus, semester dua ini baru di lepas sama mereka dan gue kaget ternyata begini toh keadaannya. Mau nggak mau gue harus siap, dan coba bertarung dengan yang lain. Ada yang menyikapi dengan santai, ada juga yang bikin persiapan biar nggak kalah dari yang lain. Kembali ke pribadi masing-masing dalam menyikapi regol ini. Kalau gue sih, gue milih untuk regol pada saat regol di buka. Ambil kelas yang bisa sekelas sama temen aja udah seneng. untuk masalah dosen itu kebaikan dari yang di Atas, semoga Allah memberikan yang terbaik buat semester ini.

Ada juga teman-teman gue, yang baru regol saat malam harinya. Santai banget, tapi harusnya regol yang di shuffle kayak begini sewajarnya disikapi dengan santai, nggak kayak penjelasan gue yang lebay di atas (padahal itulah kenyataannya).

Buat mahasiswa-mahasiswa baru yang akan menghadapi regol kalian yang pertama kali, ada beberapa saran gue buat kalian:
  • Internetnya jangan yang lemot, itu saran utama. Kalau nggak ada, bisa ke warnet terdekat atau ke kampus pakai wifi kampus kita yang super cepat
  • Jangan lupa kerja sama dengan teman-teman, biar bisa sekelas. Tentuin mau pilih kelas huruf apa, biar ada temennya, juga biar belajar nanti lebih semangat (kan ada temen)
  • Klik pilihan kelas terus save. Klik kelas terus save. dan seterusnya. Biar posisi kalian safe!
  • Kalau kata temen gue yang lebay: latihan klik kelas dulu. Bolehlah di coba.
  • Jangan tegang, santai aja.
  • Komunikasi dengan teman, udah sekelas semua belum. Jangan ninggalin teman. Kalau ada yang nggak sekelas, coba sms biar pilih kelas yang masih kosong biar bisa sekelas
  • Siapin jadwal jauh-jauh hari, tentuin mau pilih kelas yang mana dengan siapin juga kelas cadangannya. Jadi nggak usah repot dan bingung lagi kalau kelas pilihan pertama penuh atau ada temen kita yang nggak bisa sekelas
  • Kalau mencar-mencar juga, santai aja. Nanti juga ketemu teman baru di kelas baru.
Gitu aja tips dari gue, berdasarkan pengalaman kemaren malam yang menakjubkan. Adios!

11.1.11

Pro buat Tiffatul

Ya, saya setuju dengan tindakan pak menteri, berbeda dengan kebanyakan orang yang menentang aksi pemblokiran dan banned bagi RIM pada Blackberry. Setelah menyimak dengan seksama tayangan Metro TV hari ini pada pagi hari serta segala komentar dan kritik yang dilayangkan.

Ini pendapat saya, pikiran saya yang melayang setelah menonton acara tersebut, dan membuka beberapa situs yang membicarakan hal yang sama.

Bahwa, mereka (penduduk Indonesia pengguna BB) egois dan bodoh. Itu dua kata yang merangkum semua pernyataan yang akan gue paparkan di bawah.

Egois. iya, itu menurut saya. Kenapa? bisa di lihat sendiri kenapa satu statement tentang Blackberry bisa menimbulkan begitu besar reaksi dalam masyarakat. jawabannya sebagian besar penduduk Indonesia kebanyakan menggunakan Blackberry dan mereka tidak ingin dirugikan secara personal atas tindakan dari pemerintah ini. Seperti yang saya lihat di situs ini mayoritas marah karena merasa akan dirugikan; Blackberry-nya kalau di jual tidak laku lah, ada yang baru beli Blackberry-lah, dengan mengatasnamakan mereka tidak setuju dengan salah satu alasan Pak Tiffatul yang mengatakan pemblokiran RIM karena tidak ada filter situs porno. Padahal, kalau mereka mau membuka pikiran mereka, menghilangkan keegoisan mereka, mereka bisa melihat bahwa tindakan yang dilakukan pak menteri semata-mata atas nama Indonesia, menjunjungtinggikan kepentingan negara yang selama bertahun-tahun secara tidak sadar, masyarakat Indonesia telah di perah bagai sapi demi keuntungan pihak Kanada sana! apakah mereka nggak sadar? baru terbuai fasilitas yang sedikit saja sudah menjadi peliharaan pihak asing. Mana nasionalisme kita?

Mereka marah karena mereka dirugikan secara pribadi, terus kenapa mereka nggak marah atas apa yang dilakukan pihak RIM yang tidak mempatuhi ketentuan yang berlaku di Indonesia? Kerugian mereka pribadi bisalah dikatakan sekitar 5 Juta atau kurang. Tidak lebih. Lalu berapa besar kerugian negara ini? Triliunan! Per tahun! di mana nasionalisme kalian? ke mana rasa cinta terhadap negara ini? Kita nggak mau kan dijadiin pasar aja? belajar sejarah kan? apakah kita mau kembali cuma menjadi pelabuhan para pedagang Belanda dan Portugis yang menjajah kita? Pasti nggak.

Bodoh. Iya secara kasarnya begitu. Apa lagi kata-kata yang tepat untuk menggambarkan reaksi masyarakat terhadap issue ini. Betapa lucunya, masyarakat menghina pemerintahnya habis-habisan dan membela pihak luar sebegitunya. Bolehlah di hina, tapi kalau memang salah. Tapi apakah tindakan Pak Tiffatul ini salah? Saya rasa tidak. Dia hanya menjalankan tugasnya untuk menegakkan peraturan yang berlaku di Indonesia. Kenapa di hujat habis-habisan? Kenapa yang ingin mengakkan keadilan di lakukan semena-mena? Masyarakat apa kita ini?

Kebijakan Pak Tiffatul ini juga tidak serta merta membuat pengguna Blackberry kehilangan nilai guna dari handphone itu sendiri. Toh, kebutuhan utama untuk BBM, telfon, dan sms masih tetap berjalan seperti biasa. Kenapa kita ribut dan menghardik menteri kita sendiri sampai sebegitunya? Kalau untuk kelancaran berbisnis dan kemudahan mengakses internet, dengan bantuan jaringan provider kita masih bisa kok mengakses internet via BB kita tanpa RIM, walaupun nggak sehebat push-emailnya. Untuk email, bisa lah kembali ke laptop anda dengan portable modemnya. Apa yang diributkan toh?

Yang jelas, saya buka komplotan di pihak mana pun, saya bukan antek-antek Pak Tiffatul sehingga mau membela dia, saya juga nggak kenal dan di bayar. Saya hanya mengungkapkan pendapat pribadi saya, yang tercipta karena media massa. Saya hanya mahasiswa semester satu menuju dua yang mencintai negeri ini lebih dari dirinya. Mohon saran dan kritik kalau ada yang tidak berkenan. Terima Kasih :) No offense ya, pengguna BB :)

8.1.11

Blackberry, No

Sounds like a bamboo who loud a lot with boo! This week i planned to buy the thing that most of people in Indonesia have; Blackberry, but the end of this week, I got news about government will blocked Blackberry Messenger or BBM in Indonesia. Oh God, thanks for saving me, maybe I will buy the other brand, just make a note for me: I will not spend my money to buy Blackberry. No, no, no.

GPA

Something will turn out sweet or even sweetest if we add our effort with. and that's what and how happened to my GPA's number anyway; the most seeing things i want to see in this holiday at my SIAK-NG user. That number(s) however not so great and bad neither, just like always painted and showed from my face, the composition of words which turning out: average.

Forget about the report of my GPA, the day after tomorrow is the day of my next life. which is that means war will begin to get the luckiest class in second semester. I don't know who i will spend almost my time with in next semester but I just keep my mind to get the things relax, so I won't take this things seriously, I'll do this with my joy and happiness.

My goal: already set, please God allow me to do this :')

3.1.11

KOMPeK 13

Have you know about the biggest high school economics competition in Indonesia? If the answer no, please say Hi to KOMPeK 13 ! This competition will be held in Faculty of Economics, University of Indonesia, and the registration still open until January 11st  2011. So what are you waiting for? Make a team and list up your school's name via our website KOMPeK 13
SMANGKOK!!

My Aura

Yellows are the most fun-loving, free-spirited, energetic, and childlike personalities in the aura spectrum. Yellows are wonderful, sensitive, optimistic beings, whose life purpose is to bring joy to people, to have fun, and to help heal the planet. Yellows can either be very shy and sensitive, or they can be the life of the party. These playful characters have a great sense of humor. They love to laugh and to make others laugh. Yellows believe life is to be enjoyed. They like to live life freely.

Okay, a while ago i clicked the app what-color-is-your-aura and got Yellow. I don't believe this, but seems like most of the text said about me are true. Okay, i'll keep this for my memory.

Hai anak kelas tiga SMA :)


Gue tahu kenapa banyak yang datang ke blog gue tanpa sengaja dan tanpa meninggalkan jejak (no manner), karena ada satu post yang lagi di cari banget sama kalian, adik-adikku anak kelas tiga SMA :) Oh iya, di kebelakang-belakang juga ada posting lain tentang UI dan FE juga tips belajar, serta cara milih jurusan. Bisa di search pake alat pencari di atas clock di blog gue.

Akhir kata, selamat berjuang buat kalian ya :) sering-sering aja latihan soal dan bertanya, di bawa santai aja belajarnya, jangan dijadiin beban, lama-lama nanti kalian akan terbiasa buat belajar lama dan soal-soal yang tadinya susah bisa jadi gampang karena kalian udah latihan terus. Dan jangan lupa, dalam memilih universitas serta jurusan yang terpenting selain kepintaran, adalah strategi kalian dalam memilih. Pikirkan hal yang nggak terpikirkan oleh orang banyak, dan voila! peluang kalian masuk juga lebih besar. Liat juga kuota bangkunya ya, seberapa besar chance yang kalian miliki.

Semangat ya kalian semua, dan sampai ketemu di Universitas Indonesia :*
kalau mau tanya, just  leave a comment

2.1.11

Nyeri Hati

Tenggorokan gue agak sensitif dengan minuman bersoda dan makanan yang bikin gatel. Kalau udah makan makanan yang model begitu, gue biasanya langsung menderita radang tenggorokan atau panas dalam. Karena gue punya amandel (dan parah) sekalinya gue radang tenggorokan, rasanya bisa sakiiiiit banget buat nelan ludah, apalagi kalau udah mau tidur, beh! pengen banget rasanya nusuk tenggorokan saking sakitnya.

Kalau udah begitu, gue biasanya cepet-cepet minum obat batuk. Tapi entah kenapa dua bulan yang lalu, untuk pertama kalinya gue mendapatkan efek samping dari mengonsumsi obat sirup ini: Nyeri pada hati (liver). Nggak tau itu nyeri di hati atau lambung atau paru paru (?) pokoknya di sebelah kiri badan gue, langsung nyut-nyutan, di sekitar perut, kayak mules gitu, tapi bukan mules mau ke belakang, mulesnya nyeri dan sakit parah! Pas sakit itu datang, gue langsung berbaring dan guling-guling di kasur saking nahan sakitnya. Bisa 30 menit baru hilang rasa sakitnya. Sebulan kemudian gue lupa sama kejadian itu, dan minum obat batuk lagi karena di suruh orang tua biar cepat sembuh batuknya. Kejadian yang sama terulang lagi, dan gue sampai nangis nahan sakitnya.

Hari ini, gue minum obat batuk tapi yang kapsul karena gue nggak mau kejadian nyerinya terulang. Tapi barusan selama 10 menit gue menahan rasa sakit yang amat sangat di tempat yang sama, dengan terguling-guling di atas kasur, keringetan, nahan sakiiit yang parah! oh tuhan, efek  samping itu enggak banget ya :'(

1.1.11

2011!

I can't make a great kaleidoscope because my bad memories, but despite the bad things happen in last year, I was admitted that 2010 is the best year of my life. Thanks, Allah.

Really, i can't make the list of them but my memory about acceptance me in UI. 

2011, i'm begging you. Many hopes i gave to you about my education life and my love life. can you beat 2010 to be my best year in my life? I hope so, amin amiiin.

Happy New Year and Fireworks!

HAPPY NEW YEAR 2011, people!

Trademark of festive to celebrate the countdown in new year for sure is big fireworks up in the sky, right? what else? hmm. corn roasted or grilled fish and sate? if that true, now i'll talk about this tradition of the world.

I just wonder, why we did something bad to earth in the first new age of earth with made so many carbon dioxide? i knew the fireworks are beautiful, and the new year eve will so bored without them, but can we make our eve great without make something bad to our earth? where are go-green idea in this case? why don't we make some fireworks with less carbon dioxide?


i am just too care with my earth, our earth. so that's why i don't like too many fireworks in the first day of new year. i do care with the smoke after beautiful flower in the sky left. i do care so much. please, someone. stop do that things. please, people. care about this things. thanks :)

Kartu Indosat kamu hilang?

Buat kalian yang kehilangan handphone dan nomor yang kamu pakai di handphone itu udah di pakai bertahun-tahun, sehingga banyak kenalan kamu yang udah tau kamu dengan nomor itu atau sim card kamu rusak? Jangan buru-buru ganti nomor dan kasih tau nomor baru kamu ke kenalan kamu, karena kamu bisa mendapatkan nomor Indosat lama kamu dengan mudah kembali :)

Caranya gampang! Cuma datangin aja Galeri Indosat terdekat di daerah kamu (bisa lihat di sini) dan membawa persyaratan yang diperlukan, yaitu:
  • Kartu tanda penduduk (KTP)
  • Uang Rp 10.000,- untuk uang administrasi
Mudah kan? Hanya menunggu sekitar setengah jam, kartu baru kita siap di bawa. Bisa diaktifkan biasanya jam 19.00 dan sayangnya, list contact pada sim card lama kita serta sms yang masuk ke dalam nomor kita selama kartu kita inactive tidak bisa di lihat pada nomor yang baru kita urus ini. Tapi sisi positifnya, mereka masih bisa menghubungi kita dengan nomor lama kan? :)

Semoga informasinya bermanfaat ya. (Sumber: dari pengalaman pribadi)

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia Tahun 2011

Rabu, 29 Desember lalu Direktorat Kemahasiswaan Universitas Indonesia mengadakan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru Universitas Indonesia. Informasi disampaikan di Rektorat UI lantai 9 oleh Muhammad Anis selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Indonesia, adapun peserta yang hadir ialah paguyuban-paguyuban daerah dan Departemen Kesejahteraan Mahasiswa BEM UI. Berikut ini disampaikan informasi terkait dengan penerimaan tersebut.

Jalur Penerimaan S1 Reguler

Berdasarkan Peraturan Menteri No. 34 tahun 2010 jalur masuk perguruan tinggi hanya dilakukan melalui ujian mandiri yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi tersebut atau selanjutnya disebut sebagai jalur mandiri serta jalur seleksi nasional, yakni melalui SNMPTN. Adapun untuk UI, jalur PPKB dan SIMAK UI dikategorikan sebagai jalur mandiri

Adapun kuota dari masing-masing jalur adalah:
1. Jalur Mandiri (UI:PPKB + SIMAK) maksimal 40%
2. Seleksi Nasional (SNMPTN) yang terdiri dari jalur undangan (minimal 10%) dan jalur tertulis (minimal 20%)

I. Penerimaan UI untuk S1 Reguler

Jika pada tahun lalu PPKB dan SIMAK UI menyediakan kuota yang amat besar untuk para siswa masuk ke UI, yakni sebesar 60% maka pada tahun ini dibatasi hanya maksimal 40% saja. Adapun pembagian kuotanya antara keduanya adalah:

>> PPKB: maksimal 25%
>> SIMAK UI: minimal 10%

II. Penerimaan Nasional 

Yang dimaksud dengan penerimaan nasional hanya SNMPTN. Sedangkan untuk jalur masuk UMB ditiadakan pada tahun ini. Peraturan Menteri No. 34 tahun 2010 mengharuskan setiap perguruan tinggi di Indonesia untuk memberikan kuota masuk minimal 60% melalui jalur SNMPTN . Hal inilah yang membuat kuota masuk melalui PPKB dan SIMAK UI berkurang drastis. SNMPTN sendiri menyediakan dua cara untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, yaitu:

a. SNMPTN Jalur Tertulis

Jalur tertulis adalah jalur yang lazim kita temui dalam praktek sehari-hari, dimana para calon mahasiswa mendaftar lalu mengerjakan soal-soal ujian. Kuota masuk melalui jalur ini adalah minimal 20%

b. Jalur Undangan

Merupakan mekanisme Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan penjaringan prestasi akademik, tanpa ujian tulis yang ditujukan kepada SLTA atau sederajat. Adapun persyaratan untuk masuk melalui jalur undangan antara lain:

1. Peserta Jalur Undangan ialah sekolah.
2. Kepala Sekolah mengirimkan siswanya yang sedang duduk di kelas 12.
3. Siswa yang dikirimkan (direkomendasikan) memiliki prestasi akademik yang konsisten pada setiap semesternya dan serendah-rendahnya berperingkat 25% terbaik di kelasnya.

4. Di rancang bahwa:
    * Setiap Siswa Pelamar dapat memilih 2 (dua) PTN yang diminati.
    * Siswa pelamar dapat memilih Program Studi yang diminati dalam PTN yang dipilih maksimal 3 (tiga).

SNMPTN jalur undangan ini hampir sama dengan program PPKB UI atau PMDK perguruan tinggi lain. Namun, yang membedakan keduanya adalah:

1. PPKB merupakan program UI sendiri , setiap sekolah baru dapat mengajukan siswanya apabila sekolah tersebut mendapatkan undangan PPKB dari pihak UI. Adapun sekolah yang diundang adalah sekolah yang telah melalui uji kelayakan oleh UI baik dari segi kualitas sekolah itu sendiri maupun kualitas alumni yang sedang belajar di UI.

2. Jalur Undangan merupakan program pemerintah, untuk dapat mengajukan siswanya ke perguruan tinggi, sekolah tersebut tidak perlu mendapatkan undangan khusus dari perguruan tinggi negeri yang dituju. Jadi, melalui jalur ini semua sekolah dapat mengajukan siswanya ke UI atau perguruan tinggi negeri lain asalkan siswa tersebut berprestasi serendah-rendahnya berperingkat 25% terbaik di kelasnya.

Pelaksanaan Penerimaan

Penerimaan S1 Reguler:
1. PPKB : November 2010 – Januari 2011

2. SNMPTN
    a.Jalur Undangan: Februari – April 2011 (Tentativ)
    b.Jalur Ujian Tulis: Setelah Pelaksanaan UN

3. SIMAK UI: Awal Juli (Tentativ, tergantung pada pelaksanaan SNMPTN)

Penerimaan Program Pendidikan
>> Vokasi, S1 Kelas Paralel, S1 KKI, S1 Ekstensi,
>> S2, S3 dan profesi/spesialis Gelombang 2

Dilakukan melalui SIMAK UI yang direncanakan diselenggarakan pada awal Juli (Tentativ, tergantung pada pelaksanaan SNMPTN.

Seperti itulah kira-kira informasi yang disampaikan kemarin. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Departemen Kesejahteraan Mahasiswa Universitas Indonesia.

(Rewrite from: Grafity FISIP UI)